Rekat Hubungan Kerjasama Lapas Makassar melalui Coffe Morning Bersama Camat Rappocini

0
16

Makassar – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Makassar, Robianto bersama rombongan kunjungi Kantor Kecamatan Rappocini dalam rangka membahas pembinaan dan penataan lingkungan Lapas Kelas I Makassar melalui pendirian Bank Sampah Lapas Makassar, Kamis (28/11/19).

Dengan ditemani secangkir kopi serta sepiring pisang goreng dan ubi goreng, kegiatan coffe morning pagi ini semakin hangat, “saya kira ini merupakan cara yang baik untuk membahas sebuah program kerjasama, disamping kehangatan kekeluargaanya kita dapatkan, hasil diskusi kerjasama juga kita dapatkan” ungkap Robianto.

Perbincangaan program pembinaan Bank Sampah Lapas Kelas I Makassar dan studi tiru  layanan publik Kecamatan Rappocini menjadi perbincangan hangat pada coffe morning ini, salah satu hal yang tidak biasa pada kegiatan ini adalah penyerahan baju Makassar Wiper atas pembinaan asimilasi warga binaan Lapas Makassar yang direkrut menjadi tenaga kebersihan Kecamatan Rappocini.

“Kemarin sudah ditandatangani nota kesepahaman waktu HUT Kemenkumham itu adalah tentang kerjasama pengelolaan persampahan semua binaan-binaan yang sudah proses asimilasi kita rekrut menjadi tenaga kebersihan yang ada di kecematan Rappocini, kedepan bukan hanya sektor persampahan sektor ukm, sektor penataan lingkungan, inil coba yang kita diskusikan terus bersama Kalapas,” ucap Hamri Haye, Camat Rappocini

Dalam hal ini Robianto menjelaskan pembinaan warga binaan asimilasi yang direkrut oleh Kecamatan Rappocini merupakan pembinaan ekstramural yang ditujukan bahwa warga binaan harus mengenal masyarakat.

“untuk pembinaan ini merupakan suatu pembinaan ekstramural, jadi ada suatu kerjasama disitu dimana warga binaan yang sudah memasuki asimilasi diberdayakan untuk satgas trenase dan satgas kebersihan ini sangat bermanfaat sehingga warga binaan itu punya pekerjaan yang sebelum dia ke masyarakat dia diperkenalkan dulu kemasyarakat itu,” jelas Robi.

Mengakhiri secangkir kopi hangat pada agenda coffe morning ini, Hamir Haye mengajak rombongan Kepala Lapas Kelas I Makassar untuk melihat inovasi-inovasi yang telah dilakukan, sekaligus menjelaskan manajemen sistem pelayanan publik di Kantor Kecamatan Rappocini.

“Kebetulan Lapas I berada diwilayah kecamatan Rappocini, dengan adanya program ini kami saling membantu bagaimana kita bisa memaksimalkan dan memanfaatkan potensi-potensi yang terdapat di kecamatan Rappocini coba juga kita terapkan di Lapas 1 inovasi-inovasi yang terdapat di kecamatan rappocini juga bisa kita terapkan di Lapas sehingga sejalan dengan misi kecamatan rapocini membuat Lapas 1 Makassar zero waste,” kata Hamri Haye. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here